PENINGKATAN KARIER PTK PKn SMP KAB. MADIUN

Posted on Updated on

CONTOH PEMBUATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Oleh: Kelompok 4 Peserta Workshop Peningkatan Karier Guru MGMP PKn SMP Kab. Madiun Tahun 2013)

         

Satuan Pendidikan : SMP ……………………
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
Kelas /Semester : VII / 1 (satu)
Materi Pokok : Bab II. Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara
Alokasi Waktu : 4 X Pertemuan (4 X 120”)

A. KOMPETENSI INTI

KI 1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

      1.1     Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat

Indikator Pencapaian Kompetensi:

1.1.1        Menunjukkan perilaku berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran

1.1.2        Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.

1.1.3        Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut

1.1.4        Mengucapkan syukur ketika berhasil menyelesaikan tugas kelompok.

      2.1       Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

Indikator Pencapaian Kompetensi:

2.1.1      Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam memegang teguh semangat kebangsaan.

2.1.2      Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai warga negara yang memiliki komitmen kebangsaan.

      3.1       Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

3.1.1      Memaparkan sejarah kronologi terbentuknya BPUPKI.

3.1.2      Mengidentifikasi tugas-tugas BPUPKI.

3.1.3      Menjelaskan tiga usulan dasar negara oleh tiga tokoh dalam sidang pertama BPUPKI.

3.1.4      Menjelaskan proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara oleh Panitia Sembilan dan PPKI.

3.1.5      Mengidentifikasi perwujudan semangat komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar.

4.1       Menyaji hasil telaah tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

Indikator Pencapaian Kompetensi:

menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, mencipta

4.1.1      Menggunakan berbagai sumber belajar untuk menjelaskan kronologi terbentuknya BPUPKI.

4.1.2      Menguraikan hasil kajian tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

4.1.3      Membuat kajian tentang isi salinan Piagam Jakarta

4.1.4      Mencatat rumusan dasar negara yang terdapat dalam Piagam Jakarta

4.1.5.     Mendiskusikan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

4.1.6      Mengambil kesimpulan semangat dan komitmen yang dimiliki para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

4.1.7      Menyusun tulisan singkat  tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara

4.1.8      Mempresentasikan hasil kajian tentang perilaku yang menunjukkan perwujudan komitmen mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

  1. Mengamati gambar tentang peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya, peserta didik dapat menuliskan perwujudan semangat perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan baik.
  2. Mengamati gambar tentang rakyat terlatih melawan penjajah, peserta didik dapat menuliskan perwujudan empati terhadap semangat pejuang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.
  3. Berdiskusi dalam kelompok tentang keadaan kehidupan masyarakat Indonesia pada jaman jepang, peserta didik dapat menunjukkan kesulitan-kesulitan hidup masyarakat Indonesia pada jaman penjajahan Jepang.
  4. Menelaah buku siswa halaman 19–20 tentang pembentukan BPUPKI, peserta didik dapat memaparkan sejarah kronologi pembentukan BPUPKI secara runtut.
  5. Menelaah buku siswa halaman 19–20 tentang pembentukan BPUPKI, peserta didik dapat menjelaskan agenda persidangan BPUPKI dengan tepat.

Pertemuan 2

  1. Mengamati gambar 2.4 (buku siswa halaman 23) tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menggambarkan suasana dan semangat para pendiri negara dalam mendirikan negara.
  2. Menelaah buku siswa halaman 21-23 tentang usulan dasar negara dalam sidang BPUPKI, peserta didik dapat menjelaskan pengertian dasar negara dengan benar.
  3. Mendiskusikan bersama kelompok (model STAD) tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menyebutkan 3 (tiga) orang  tokoh anggota BPUPKI yang mengusulkan dasar negara.
  4. Mendiskusikan bersama kelompok (model STAD) tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menunjukkan isi usulan dasar negara para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI dengan benar.
  5. Mendiskusikan bersama kelompok tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menyusun skenario simulasi (sosio drama) sidang perumusan dasar negara yang dilaksanakan oleh BPUPKI.

Pertemuan 3

  1. Menelaah buku siswa halaman 23 (Penanaman Nilai II), peserta didik dapat menuliskan pemahamannya tentang pentingnya semangat berjuang demi kejayaan bangsa dan negara seperti telah ditunjukkan oleh para pendiri negara.
  2. Menelaah buku siswa halaman 23, peserta didik dapat menjelaskan pengertian semangat komitmen terhadap dasar negara dengan tepat.

Pertemuan 4

  1. Mendiskusikan dengan kelompok tentang sejarah perumusan Pancasila, peserta didik dapat menyajikan tulisan singkat tentang sejarah dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
  2. Mendiskusikan dalam kelompok tentang suasana sidang BPUPKI, peserta didik dapat mensimulasikan suasana sidang pertama BPUPKI dengan kidmat.

D.  MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

  1. Kronologi pembentukan BPUPKI

September 1944, Perdana Menteri Jepang Koiso, dalam sidang parlemen mengatakan Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. 1 Maret 1945, Jepang membentuk Dokuritsu Zumbi Chosakai (BPUPKI).

  1. Masa sidang BPUPKI

Sidang pertama tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 1945 dan sidang kedua tanggal 10 s.d 17 Juli 1945.

Pertemuan 2

  1. Tokoh-tokoh perumus dasar negara

Mr. Mohammad Yamin; Mr. Soepomo; Ir. Soekarno

  1. Usulan dasar negara oleh perumus dasar negara

Mr. Mohammad Yamin mengusulkan dasar negara sebagai berikut: 1) Peri Kebangsaan; 2) Peri Kemanusiaan; 3) Peri Ketuhanan; 4) Peri Kerakyatan; 5) Kesejahteraan Sosial.

Mr. Soepomo mengusulkan dasar negara sebagai berikut: 1) Persatuan; 2) Kekeluargaan; 3) Keseimbangan lahir dan batin; 4) Musyawarah; 5) Keadilan rakyat.

Ir. Soekarno mengusulkan dasar negara sebagai berikut: 1) Kebangsaan Indonesia; 2) Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan; 3) Mufakat atau Demokrasi; 4) Kesejahteraan Sosial; 5) Ketuhanan yang Berkebudayaan.

Pertemuan 3

  1. Nilai semangat pendiri negara

Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; Jiwa dan semangat merdeka; Nasionalisme; Patriotisme; Rasa harga diri sebagai bangsa yang merdeka; Persatuan dan kesatuan; Anti penjajah dan penjajahan, dsb.

  1. Semangat para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Pertemuan 4

  1. Semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara

Memiliki semangat persatuan dan nasionalisme; Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia; Selalu bersemangat dalam berjuang; Mendukung dan  berupaya secara aktif mencapai cita-cita bangsa; melakukan pengorbanan pribadi.

  1. Tulisan singkat tentang sejarah dan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

E.      METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan          :     Scientific

Model                     :     –  STAD

–  Think Pair And Sharing

–  Sosio drama/simulasi

Metode                  :     Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

F.      MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMEBELAJARAN

1.   Media

Gambar: 1) Peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya, 2) Rakyat terlatih yang siap melawan penjajah, dan 3)Sidang BPUPKI, Foto tokoh perumus dasar negara dan denah tempat duduk dalam sidang BPUPKI.

2.   Alat/Bahan

      Laptop dan LCD Proyektor

         3.   Sumber Belajar

a.      Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebuddayaan, 2013.

b.      Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi Untuk SMP/MTs, Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2011.

c.      Tim Penyusun 30 Tahun Indonesia Merdeka. 30 Tahun Indonesia Merdeka, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

         Pertemuan 1

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan materi pelajaran yang lalu).
  2. Guru memberikan motivasi dengan mengajak peserta didik “Ayo menghayati dan mengamalkan Pancasila”.
  3. Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan (untuk mendapatkan gambaran kesiapan peserta didik).
  4. Guru menginformasikan kompetensi  yang akan dicapai.
  5. Guru menunjuk seorang peserta didik untuk memimpin menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan penuh semangat.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

  1. Guru menayangkan gambar (membagi gambar kepada peserta didik) tentang:

1)      Peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya;

2)      Rakyat terlatih yang siap melawan penjajah;

3)      Sidang BPUPKI.

  1. Guru berdialog mendalam secara klasikal hal-hal antara lain:

1)         Mengapa peristiwa seperti itu dapat terjadi?

2)         Apa yang dilakukan dalam peristiwa tersebut?

3)         Bagaimanakah gambaran terjadinya peristiwa tersebut?

(Menanya)

  1. Guru mempersilahkan peserta didik melakukan pengamatan dan mendiskusikannya dengan teman sebangku/terdekat gambar tersebut satu persatu secara seksama.
  2. Peserta didik diminta mengembangkan dan membuat pertanyaan berkaitan dengan dengan gambar yang diamati.

(Mengumpulkan Informasi)

  1. Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 5/6 peserta didik, kemudian membagikan lembar kerja untuk masing-masing kelompok materi diskusi dan mengumpulkan informasi tentang:

1)      Tahapan kejadian pembentukan BPUPKI.

2)      Masa Sidang BPUPKI.

3)      Kondisi bangsa Indonesia pada jaman penjajahan Jepang.

(Mengasosiasi/mengolah informasi)

f.     Hasil pengumpulan informasi diolah oleh Peserta didik membuat paparan dan simpulan berdasarkan hasil dialog tersebut dan mengkomunikasikan hasilnya.

g.    Guru bersama peserta didik mengklarifikasi hasil presentasi peserta didik untuk penanaman nilai dan sikap positif terhadap semangat dalam sejarah perjuaangan bangsa Indonesia.

(Mengkomunikasikan)

h.   Hasil diskusi kelompok dipresentasikan secara bergantian, dan pada saat presentasi kelompok, kelompok lainnya mencermati dan memberikan tanggapan.

i.     Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan mengulas kembali materi pelajaran maupun kegiatan individu dan kegiatan kelompok.
  2. Guru menanyakan kepada peserta didik apakah materi pembelajaran sudah dapat dipahami.
  3. Guru meminta peserta didik membaca di rumah (PR) materi dalam Buku Peserta didik halaman 21 s/d 22. (Tugas kepada peserta didik mencari informasi tentang nilai semangat anggota BPUPKI dalam perumusan Pancasila)

15”

95”

10”

Pertemuan 2

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi).
  2. Guru memancing kesiapan peserta didik dalam pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan berdasarkan tugas rumah pertemuan sebelumnya, sebagai berikut:

1)    Apakah yang dimaksud dengan dasar negara?

2)    Siapa saja tokoh dalam sidang BPUPKI yang memberikan usulan dasar negara?

3)    Bagaimanakah isi dasar negara yang diusulkan oleh para tokoh dalam sidang BPUPKI?

  1. Jika peserta didik belum dapat menjawab dengan benar dari pertanyaan tersebut, guru membuka kegiatan pembelajaran dengan nada bersemangat, “Baiklah anak-anakku, Hari ini kita akan mempelajarai dan memahami awal terbentuknya dasar negara Indonesia. Kalian sudah siap?”.
  2. Guru menginformasikan kompetensi  yang akan dicapai.
  3. Guru mempersilahkan peserta didik membuka Buku Peserta didik halaman 21 s/d 22 untuk menjadi bahan kajian bersama.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

  1. Guru meminta siswa untuk mengamati isi bacaan dalam buku siswa halaman  21 s/d 22.

(Menanya)

  1. Guru mempersilahkan peserta didik untuk membuat pertanyaan berkaitan dengan bacaan halaman 21-22 buku siswa.
  2. Guru mengajak berdialog secara mendalam berkaitan pertanyaan yang telah diajukan oleh siswa untuk penanaman nilai dan sikap positif terhadap semangat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta jawaban apa yang dimaksud dengan dasar negara?

(Mengumpulkan data)

  1. Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 5/6 peserta didik, kemudian membagikan lembar kerja untuk proses diskusi dalam mengumpulkan data berkaitan dengan:

1)      Tokoh pendiri negara yang memberikan usulan dasar negara dalam sidang BPUPKI.

2)      Peran para anggota BPUPKI atau pendiri negara dalam perumusan dasar negara tersebut?

3)      Pembuatan naskah simulasi sidang perumusan dasar negara yang dilaksanakan BPUPKI!

(Mengasosiasikan)

  1. Peserta didik dipersilahkan untuk mengolah dan membuat hubungan antar data-data yang telah dikumpulkan dengan kelompok masing-masing.
  2. Hasil analisa proses mengolah data ditata dalam lembaran kertas bafelo.

(Mengkomunikasikan)

  1. Hasil kerja kelompok dipresentasikan secara bergantian (kecuali tugas point 3 langsung dikumpulkan untuk kegiatan pertemuan minggu keempat), dan pada saat presentasi kelompok, kelompok lainnya mencermati dan memberikan tanggapan.

Penutup

  1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.
  2. Guru menanyakan kepada peserta didik apakah materi pembelajaran sudah dapat dipahami.
  3. Guru meminta peserta didik membaca di rumah (PR) materi dalam Buku Peserta didik halaman 23 s/d 29. (Tugas kepada peserta didik mencari informasi tentang semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara)

15”

95”

10”

Pertemuan 3

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan tentang “Siapa yang mengusulkan Pancasila dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945?”).
  2. Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan berdasarkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, untuk mendapatkan gambaran kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran.
  3. Guru menginformasikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
  4. Guru mempersilahkan peserta didik membuka Buku Peserta didik halaman 23 s/d 25 untuk menjadi bahan kajian bersama.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

  1. Guru menayangkan gambar (membagi kepada peserta didik gambar) tentang:
    1. Peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya;
    2. Rakyat terlatih yang siap melawan penjajah;
    3. Sidang BPUPKI.
    4. Peserta didik melakukan pengamatan dan mendiskusikannya dengan teman sebangku/terdekat gambar tersebut satu persatu secara seksama.

(Menanya)

  1. Guru meminta peserta didik untuk membuat pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan terhadap penayangan gambar.
  2. Guru berdialog mendalam secara klasikal hal-hal antara lain:
    1. Mengapa peristiwa seperti itu dapat terjadi?
    2. Apa yang dilakukan dalam peristiwa tersebut?
    3. Bagaimanakah gambaran terjadinya peristiwa tersebut?
    4. Peserta didik membuat paparan dan simpulan berdasarkan hasil dialog tersebut.
    5. Guru bersama peserta didik mengklarifikasi hasil presentasi peserta didik untuk penanaman nilai dan sikap positif terhadap semangat dalam sejarah perjuaangan bangsa Indonesia.

(Mengumpulkan informasi)

  1. Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 5/6 peserta didik, kemudian membagikan lembar kerja untuk masing-masing kelompok untuk menggali informasi tentang:
    1. Tahapan kejadian pembentukan BPUPKI.
    2. Masa Sidang BPUPKI.
    3. Kondisi bangsa Indonesia pada jaman penjajahan Jepang.

(Mengasosiasikan)

  1. Peserta didik dipersilahkan untuk mengolah dan membuat hubungan antar data-data yang telah dikumpulkan dengan kelompok masing-masing.
  2. Hasil analisa proses mengolah data ditata dalam lembaran kertas bafelo.

(Mengkomunikasikan)

j.      Hasil diskusi kelompok dipresentasikan secara bergantian, dan pada saat presentasi kelompok, kelompok lainnya mencermati dan memberikan tanggapan.

k.     Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan mengulas kembali materi pelajaran maupun kegiatan individu dan kegiatan kelompok.
  2. Guru menanyakan kepada peserta didik apakah materi pembelajaran sudah dapat dipahami.
  3. Guru memberikan penugasan kepada peserta didik sebagai PR materi dalam Buku Siswa.

15”

90”

5”

Pertemuan 4

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara).
  2. Guru menginformasikan kompetensi dasar yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

a.   Guru mempersilahkan peserta didik untuk mengamati gambar tentang suasana sidang BPUPKI.

b.   Berdialog secara mendalam tentang peran para tokoh dalam BPUPKI.

c.    Menganalisa latar belakang para tokoh dengan mencermati nama-nama para tokoh pendiri negara anggota BPUPKI.

(Menanya)

d.   Peserta didik dipersilahkan membuat pertanyaan terkait dengan pengamatan gambar dan nama-nama anggota BPUPKI.

(Mengumpulkan informasi)

e.   Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggota-kan 5/6 peserta didik untuk mendiskusikan untuk mengumpulkan informasi tentang: suasana sejarah perumuskan Pancasila sebagai dasar negara dan latar belakang para tokoh anggota BPUPKI, serta persidangan pertama BPUPKI.

(Mengasosiasikan)

  1. Hasil pengumpulan informasi diolah oleh kelompok, dan guru mempersilahkan hasil olahan informasi dipadukan dengan tugas pembuatan sekenario simulasi persidangan pertama BPUPKI.

(Mepresentasikan)

  1. Mempresentasikan sosio drama/simulasi suasana sidang pertama BPUPKI dengan kidmat.
  2. Peserta didik yang laindiminta menyimak dan memberikan tanggapan setelah pementasan simulasi selesai
  3. Guru bersama peserta didik menyimpulkan penampilan simulasi dan tanggapan peserta didik.

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan mengulas kembali materi pelajaran maupun kegiatan individu dan kegiatan kelompok.
  2. Post tes.
  3. Guru meminta peserta didik membaca di rumah (PR) materi Bab III dalam Buku Peserta didik.

10”

85”

25”

E.      PENILAIAN

  1. Sikap spiritual
    1. Teknik: Observasi
    2. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
    3. Kisi-kisi:
No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

1 Perilaku beriman 1
2 Perilaku bertakwa 2,  3
3 Menunjukkan rasa syukur 4

Instrumen: lihat Lampiran …

  1. Sikap sosial
    1. Teknik: Penilaian sejawat (antar teman)
    2. Bentuk Instrumen: …
    3. Kisi-kisi:
No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

1 Peduli 1
2 Tanggung jawab 2
3 Kedisiplinan 3

Instrumen: lihat Lampiran …

  1. Pengetahuan
    1.                                 a.          Teknik: Tes tertulis
    2.                                 b.          Bentuk Instrumen: Uraian
    3.                                  c.          Kisi-kisi:

No.

Indikator

Butir Instrumen

1 Memaparkan kronologi terbentuknya BPUPKI. Tulislah dengan runtut kronologi terbentuknya BPUPKI!
2 Menjelaskan isi agenda persidangan BPUPKI antara sidang pertama dan sidang kedua. Jelaskan isi agenda persidangan BPUPKI antara sidang pertama dan sidang kedua!
3 Membandingkan isi tiga usulan dasar negara dari para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI. Bandingkan isi tiga usulan dasar negara dari para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI!
4 Menunjukkan nilai-nilai perjuangan para tokoh pendiri negara dalam perumusan dasar negara yang dapat diteladani. Tunjukkan lima nilai-nilai perjuangan para tokoh pendiri negara dalam perumusan dasar negara yang dapat diteladani!
5 Menunjukkan lima ciri-ciri komitmen pribadi para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. Tunjukkan lima ciri-ciri komitmen pribadi para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara!

Instrumen: lihat Lampiran …

  1. Keterampilan
    1. Teknik: Observasi
    2. Bentuk Instrumen: Check list
    3. Kisi-kisi:
No.

Keterampilan

Butir Instrumen

1 Presentasi 1
2 Display 2
3 Simulasi/Sosiodrama 3

Instrumen: lihat Lampiran …

Mengetahui,                                                                                                  Madiun, …………… 2013

Kepala Sekolah,                                                                                                  Guru mata Pelajaran,

__________________                                                                                     ____________________

NIP.                                                                                                                               NIP.

 

Lampiran Penilaian

  1. 1.         Sikap Spiritual

Pedoman Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah skor pada kolom aspek yang diamati pada sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,

Mata Pelajaran                 : ………………….

Kelas/Semester               : ………………….

Tanggal Pengamatan     : …………………..

Materi Pokok                    : …………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Pengamatan dan Skor

Jumlah Skor

Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saatmempelajari perumusan dasar negara

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Mengucapkan rasa syukur atas  perumusan UUD 1945 sesuai agama masing-masing

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

1

……

2

……

3

……

4

……

)* Pilih dan tulislah skornya (4=selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah).

Petunjuk Penilaian :

Peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                       : apabila memperoleh jumlah skor  13 – 16

Baik                                    : apabila memperoleh jumlah skor 9 – 12

Cukup                               : apabila memperoleh jumlah skor  5 – 8

Kurang                              : apabila memperoleh jumlah skor  1 – 4

  1. 2.         Sikap Sosial

         Pedoman Observasi Sikap Peduli

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh peserta didik.

Mata Pelajaran                        : ………………….

Kelas/Semester                      : ………………….

Tanggal Pengamatan             : …………………..

Materi Pokok                           : …………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Pengamatan dan Skor

Jumlah Skor

Menjaga kebersihan kelas

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Suka menolong teman/orang lain

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Rela berkorban untuk orang lain

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

1

……

2

……

3

……

4

……

)*Pilih dan tulislah skornya (4=selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah).

Petunjuk Penilaian:

Peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                       : apabila memperoleh jumlah skor  13 – 16

Baik                                    : apabila memperoleh jumlah skor  9 – 12

Cukup                               : apabila memperoleh jumlah skor  5 – 8

Kurang                              : apabila memperoleh jumlah skor  1 – 4

         Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah skornya sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik.

Mata Pelajaran                       : ………………….

Kelas                                           : ………………….

Tanggal Pengamatan            : …………………..

Materi Pokok                          : …………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Pengamatan  dan Skor

Jumlah Skor

Melaksanakan tugas individu dengan baik

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Mengembalikan barang yang dipinjam

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

1 ……….
2 ……….
3 ……….
4 ……….
5 ……….

)*Pilih dan tulislah skornya (4=selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah).

Petunjuk Penilaian :

Peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                       : apabila memperoleh skor  16 – 20

Baik                                    : apabila memperoleh skor  11 – 15

Cukup                               : apabila memperoleh skor  6 – 10

Kurang                              : apabila memperoleh skor  1 – 5

         Pedoman Observasi Sikap Disiplin

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

Ya                  =   apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan

Tidak            =   apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Nama Peserta Didik               : ………………….

Kelas                                            : ………………….

Tanggal Pengamatan             : …………………..

Materi Pokok                           : …………………..

No

Sikap yang diamati

Melakukan

Keterangan

Ya

Tidak

1

Masuk kelas tepat waktu

2

Mengumpulkan tugas tepat waktu

3

Memakai seragam sesuai tata tertib

4

Mengerjakan tugas yang diberikan

5

Tertib dalam mengikuti pembelajaran

6

Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan

7

Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran

8

Membawa buku teks mata pelajaran

Jumlah

Petunjuk Penyekoran peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                          : apabila terdapat  7 – 8 jawaban YA

Baik                                       : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA

Cukup                                  : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA

Kurang                                 : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA

Pengetahuan

Teknik Penilaian        :     Tes Tertulis

Bentuk Instrumen    :     Uraian

No

Butir Instrumen

1 Tulislah secara runtut kronologi terbentuknya BPUPKI!
2 Jelaskan isi agenda persidangan BPUPKI antara sidang pertama dan sidang kedua!
3 Bandingkan isi tiga usulan dasar negara dari para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI!
4 Tunjukkan lima nilai-nilai perjuangan para tokoh pendiri negara dalam perumusan dasar negara yang dapat diteladani!
5 Tunjukkan lima ciri-ciri komitmen pribadi para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara!

KUNCI JAWABAN :

1.  September 1944, Perdana Menteri Jepang Koiso dalam sidang parlemen mengatakan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Inndonesia, tindak lanjutnya Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 membentuk Dokuritsu Zonbi Chosakai (BPUPKI) yang beranggotakan 62 orang terdiri atas tokoh-tokoh pergerakan bangsa Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang.

2.  a. Sidang pertama BPUPKI berlangsung mulai tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 1945 dengan agenda sidang pembahasan dasar negara

b.  Sidang kedua BPUPKI berlangsung mulai tanggal 10 s.d 17 Juli 1945 dengan agenda sidang membahas bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan UUD, ekonomi, keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaaran.

3.

Mr. Mohammad Yamin

Mr. Soepomo

Ir. Soekarno

  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan Sosial.
  6. Persatuan
  7. Kekeluargaan
  8. Keseimbangan lahir dan batin
  9. Musyawarah
  10. Keadilan Rakyat
    1. Kebangsaan Indonesia
    2. Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan
    3. Mufakat atau Demokrasi
    4. Kesejahteraan Sosial
    5. Ketuhanan yang Berkebudayaan

4.  a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

b. Jiwa dan semangat untuk merdeka;

c. Nasionalisme dan patriotisme;

d. Rasa harga diri sebagai suatu bangsa yang merdeka;

e. Pantang mundur dan tidak kenal menyerah

5.  a. Memiliki semangat persatuan dan nasionalisme;

b. Memiliki terhadap bangsa Indonesia;

c. Selalu bersemangat dalam berjuang;

d. Berupaya secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa;

e. Melakukan pengorbanan pribadi.

Pedoman pensekoran :

No Soal Jawaban  benar skor No Soal Jawaban  benar Skor

1

Salah semua 0

4

Salah semua 0
Benar 1 1 Benar 1 1
Benar 2 2 Benar 2 2
Benar 3 3 Benar 3 3

2

Salah semua 0

5

Salah semua 0
Benar 1 1 Benar 1 1
Benar 2 2 Benar 2 2

3

Salah semua 0 Benar 3 3
Benar 1 1 Benar 4 5
Benar 2 2
Benar 3 3 Jumlah skor maksimal 15

Keterampilan

Teknik Penilaian           :    Observasi

Bentuk Instrumen         :    Pedoman observasi

Instrumen Penilaian     :

Pedoman Observasi Presentasi

Kelompok                    : ………

Kelas                            : ……….

Materi Pokok              : ……….

No

Nama Peserta Didik

Aspek Penilaian

Rata-Rata Skor

Penguasaan Materi

Aktifitas

Kreatifitas

Pedoman Penilaian Display

Kelas                            : ……….

Materi Pokok              : ……….

No

Kelompok

Aspek Penilaian

Rata-Rata Skor

Penguasaan Materi

Kreatifitas

Kerjasama

Pelaksanaan simulasi :

Lembar penilaian simulasi

Peran dan semangat tokoh perumus UUD 1945 (BPUPKI).

No

Nama peserta didik

Kesesuaian dengan tema

Penjiwaan pemeran

Tanggapan kelompok

1  
2 dst  

Keterangan:

Kesesuaian dengan tema        : Nilai maksimal = 40

  • Ø Nilai 40 jika sangat tepat dengan tema
  • Ø Nilai 30 jika tepat dengan tema
  • Ø Nilai 20 jika kurang tepat dengan tema
  • Ø Nilai 10 jika tidak tepat dengan tema

Penjiwaan pemeran                : Nilai maksimal = 30

  • Ø Nilai 30 jika melaksanakan peran dengan penuh tanggung jawab sehingga sangat sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
  • Ø Nilai 20 jika melaksanakan peran dengan kurang tanggung jawab sehingga agak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
  • Ø Nilai 10 jika melaksanakan peran dengan tidak tanggung jawab sehingga tidak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan

Tanggapan kelompok lain      : Nilai maksimal = 30

  • Ø Nilai 30 jika jawabannya sangat tepat
  • Ø Nilai 20 jika jawabannya kurang tepat
  • Ø Nilai 10 jika jawabannya tidak tepat

 

 

CONTOH PEMBUATAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                                                                           

Satuan Pendidikan                :     SMP …………………………………………..

Mata Pelajaran                       :     PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)

Kelas /Semester                    :     VII / 1 (satu)

Materi Pokok                          :     Bab II. Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara

Alokasi Waktu                         :     4 X Pertemuan (4 X 120”)

A.  KOMPETENSI INTI

KI 1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

      1.1     Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat

Indikator Pencapaian Kompetensi:

1.1.1        Menunjukkan perilaku berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran

1.1.2        Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.

1.1.3        Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut

1.1.4        Mengucapkan syukur ketika berhasil menyelesaikan tugas kelompok.

      2.1       Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

Indikator Pencapaian Kompetensi:

2.1.1      Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam memegang teguh semangat kebangsaan.

2.1.2      Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai warga negara yang memiliki komitmen kebangsaan.

      3.1       Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

3.1.1      Memaparkan sejarah kronologi terbentuknya BPUPKI.

3.1.2      Mengidentifikasi tugas-tugas BPUPKI.

3.1.3      Menjelaskan tiga usulan dasar negara oleh tiga tokoh dalam sidang pertama BPUPKI.

3.1.4      Menjelaskan proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara oleh Panitia Sembilan dan PPKI.

3.1.5      Mengidentifikasi perwujudan semangat komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar.

4.1       Menyaji hasil telaah tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

Indikator Pencapaian Kompetensi:

menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, mencipta

4.1.1      Menggunakan berbagai sumber belajar untuk menjelaskan kronologi terbentuknya BPUPKI.

4.1.2      Menguraikan hasil kajian tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

4.1.3      Membuat kajian tentang isi salinan Piagam Jakarta

4.1.4      Mencatat rumusan dasar negara yang terdapat dalam Piagam Jakarta

4.1.5.     Mendiskusikan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

4.1.6      Mengambil kesimpulan semangat dan komitmen yang dimiliki para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

4.1.7      Menyusun tulisan singkat  tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara

4.1.8      Mempresentasikan hasil kajian tentang perilaku yang menunjukkan perwujudan komitmen mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

  1. Mengamati gambar tentang peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya, peserta didik dapat menuliskan perwujudan semangat perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan baik.
  2. Mengamati gambar tentang rakyat terlatih melawan penjajah, peserta didik dapat menuliskan perwujudan empati terhadap semangat pejuang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.
  3. Berdiskusi dalam kelompok tentang keadaan kehidupan masyarakat Indonesia pada jaman jepang, peserta didik dapat menunjukkan kesulitan-kesulitan hidup masyarakat Indonesia pada jaman penjajahan Jepang.
  4. Menelaah buku siswa halaman 19–20 tentang pembentukan BPUPKI, peserta didik dapat memaparkan sejarah kronologi pembentukan BPUPKI secara runtut.
  5. Menelaah buku siswa halaman 19–20 tentang pembentukan BPUPKI, peserta didik dapat menjelaskan agenda persidangan BPUPKI dengan tepat.

Pertemuan 2

  1. Mengamati gambar 2.4 (buku siswa halaman 23) tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menggambarkan suasana dan semangat para pendiri negara dalam mendirikan negara.
  2. Menelaah buku siswa halaman 21-23 tentang usulan dasar negara dalam sidang BPUPKI, peserta didik dapat menjelaskan pengertian dasar negara dengan benar.
  3. Mendiskusikan bersama kelompok (model STAD) tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menyebutkan 3 (tiga) orang  tokoh anggota BPUPKI yang mengusulkan dasar negara.
  4. Mendiskusikan bersama kelompok (model STAD) tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menunjukkan isi usulan dasar negara para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI dengan benar.
  5. Mendiskusikan bersama kelompok tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menyusun skenario simulasi (sosio drama) sidang perumusan dasar negara yang dilaksanakan oleh BPUPKI.

Pertemuan 3

  1. Menelaah buku siswa halaman 23 (Penanaman Nilai II), peserta didik dapat menuliskan pemahamannya tentang pentingnya semangat berjuang demi kejayaan bangsa dan negara seperti telah ditunjukkan oleh para pendiri negara.
  2. Menelaah buku siswa halaman 23, peserta didik dapat menjelaskan pengertian semangat komitmen terhadap dasar negara dengan tepat.

Pertemuan 4

  1. Mendiskusikan dengan kelompok tentang sejarah perumusan Pancasila, peserta didik dapat menyajikan tulisan singkat tentang sejarah dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
  2. Mendiskusikan dalam kelompok tentang suasana sidang BPUPKI, peserta didik dapat mensimulasikan suasana sidang pertama BPUPKI dengan kidmat.

D.  MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

  1. Kronologi pembentukan BPUPKI

September 1944, Perdana Menteri Jepang Koiso, dalam sidang parlemen mengatakan Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. 1 Maret 1945, Jepang membentuk Dokuritsu Zumbi Chosakai (BPUPKI).

  1. Masa sidang BPUPKI

Sidang pertama tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 1945 dan sidang kedua tanggal 10 s.d 17 Juli 1945.

Pertemuan 2

  1. Tokoh-tokoh perumus dasar negara

Mr. Mohammad Yamin; Mr. Soepomo; Ir. Soekarno

  1. Usulan dasar negara oleh perumus dasar negara

Mr. Mohammad Yamin mengusulkan dasar negara sebagai berikut: 1) Peri Kebangsaan; 2) Peri Kemanusiaan; 3) Peri Ketuhanan; 4) Peri Kerakyatan; 5) Kesejahteraan Sosial.

Mr. Soepomo mengusulkan dasar negara sebagai berikut: 1) Persatuan; 2) Kekeluargaan; 3) Keseimbangan lahir dan batin; 4) Musyawarah; 5) Keadilan rakyat.

Ir. Soekarno mengusulkan dasar negara sebagai berikut: 1) Kebangsaan Indonesia; 2) Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan; 3) Mufakat atau Demokrasi; 4) Kesejahteraan Sosial; 5) Ketuhanan yang Berkebudayaan.

Pertemuan 3

  1. Nilai semangat pendiri negara

Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; Jiwa dan semangat merdeka; Nasionalisme; Patriotisme; Rasa harga diri sebagai bangsa yang merdeka; Persatuan dan kesatuan; Anti penjajah dan penjajahan, dsb.

  1. Semangat para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Pertemuan 4

  1. Semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara

Memiliki semangat persatuan dan nasionalisme; Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia; Selalu bersemangat dalam berjuang; Mendukung dan  berupaya secara aktif mencapai cita-cita bangsa; melakukan pengorbanan pribadi.

  1. Tulisan singkat tentang sejarah dan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

E.      METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan          :     Scientific

Model                     :     –  STAD

–  Think Pair And Sharing

–  Sosio drama/simulasi

Metode                  :     Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

F.      MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMEBELAJARAN

1.   Media

Gambar: 1) Peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya, 2) Rakyat terlatih yang siap melawan penjajah, dan 3)Sidang BPUPKI, Foto tokoh perumus dasar negara dan denah tempat duduk dalam sidang BPUPKI.

2.   Alat/Bahan

      Laptop dan LCD Proyektor

         3.   Sumber Belajar

a.      Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebuddayaan, 2013.

b.      Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi Untuk SMP/MTs, Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2011.

c.      Tim Penyusun 30 Tahun Indonesia Merdeka. 30 Tahun Indonesia Merdeka, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

         Pertemuan 1

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan materi pelajaran yang lalu).
  2. Guru memberikan motivasi dengan mengajak peserta didik “Ayo menghayati dan mengamalkan Pancasila”.
  3. Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan (untuk mendapatkan gambaran kesiapan peserta didik).
  4. Guru menginformasikan kompetensi  yang akan dicapai.
  5. Guru menunjuk seorang peserta didik untuk memimpin menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan penuh semangat.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

  1. Guru menayangkan gambar (membagi gambar kepada peserta didik) tentang:

1)      Peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya;

2)      Rakyat terlatih yang siap melawan penjajah;

3)      Sidang BPUPKI.

  1. Guru berdialog mendalam secara klasikal hal-hal antara lain:

1)         Mengapa peristiwa seperti itu dapat terjadi?

2)         Apa yang dilakukan dalam peristiwa tersebut?

3)         Bagaimanakah gambaran terjadinya peristiwa tersebut?

(Menanya)

  1. Guru mempersilahkan peserta didik melakukan pengamatan dan mendiskusikannya dengan teman sebangku/terdekat gambar tersebut satu persatu secara seksama.
  2. Peserta didik diminta mengembangkan dan membuat pertanyaan berkaitan dengan dengan gambar yang diamati.

(Mengumpulkan Informasi)

  1. Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 5/6 peserta didik, kemudian membagikan lembar kerja untuk masing-masing kelompok materi diskusi dan mengumpulkan informasi tentang:

1)      Tahapan kejadian pembentukan BPUPKI.

2)      Masa Sidang BPUPKI.

3)      Kondisi bangsa Indonesia pada jaman penjajahan Jepang.

(Mengasosiasi/mengolah informasi)

f.     Hasil pengumpulan informasi diolah oleh Peserta didik membuat paparan dan simpulan berdasarkan hasil dialog tersebut dan mengkomunikasikan hasilnya.

g.    Guru bersama peserta didik mengklarifikasi hasil presentasi peserta didik untuk penanaman nilai dan sikap positif terhadap semangat dalam sejarah perjuaangan bangsa Indonesia.

(Mengkomunikasikan)

h.   Hasil diskusi kelompok dipresentasikan secara bergantian, dan pada saat presentasi kelompok, kelompok lainnya mencermati dan memberikan tanggapan.

i.     Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan mengulas kembali materi pelajaran maupun kegiatan individu dan kegiatan kelompok.
  2. Guru menanyakan kepada peserta didik apakah materi pembelajaran sudah dapat dipahami.
  3. Guru meminta peserta didik membaca di rumah (PR) materi dalam Buku Peserta didik halaman 21 s/d 22. (Tugas kepada peserta didik mencari informasi tentang nilai semangat anggota BPUPKI dalam perumusan Pancasila)

15”

95”

10”

Pertemuan 2

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi).
  2. Guru memancing kesiapan peserta didik dalam pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan berdasarkan tugas rumah pertemuan sebelumnya, sebagai berikut:

1)    Apakah yang dimaksud dengan dasar negara?

2)    Siapa saja tokoh dalam sidang BPUPKI yang memberikan usulan dasar negara?

3)    Bagaimanakah isi dasar negara yang diusulkan oleh para tokoh dalam sidang BPUPKI?

  1. Jika peserta didik belum dapat menjawab dengan benar dari pertanyaan tersebut, guru membuka kegiatan pembelajaran dengan nada bersemangat, “Baiklah anak-anakku, Hari ini kita akan mempelajarai dan memahami awal terbentuknya dasar negara Indonesia. Kalian sudah siap?”.
  2. Guru menginformasikan kompetensi  yang akan dicapai.
  3. Guru mempersilahkan peserta didik membuka Buku Peserta didik halaman 21 s/d 22 untuk menjadi bahan kajian bersama.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

  1. Guru meminta siswa untuk mengamati isi bacaan dalam buku siswa halaman  21 s/d 22.

(Menanya)

  1. Guru mempersilahkan peserta didik untuk membuat pertanyaan berkaitan dengan bacaan halaman 21-22 buku siswa.
  2. Guru mengajak berdialog secara mendalam berkaitan pertanyaan yang telah diajukan oleh siswa untuk penanaman nilai dan sikap positif terhadap semangat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta jawaban apa yang dimaksud dengan dasar negara?

(Mengumpulkan data)

  1. Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 5/6 peserta didik, kemudian membagikan lembar kerja untuk proses diskusi dalam mengumpulkan data berkaitan dengan:

1)      Tokoh pendiri negara yang memberikan usulan dasar negara dalam sidang BPUPKI.

2)      Peran para anggota BPUPKI atau pendiri negara dalam perumusan dasar negara tersebut?

3)      Pembuatan naskah simulasi sidang perumusan dasar negara yang dilaksanakan BPUPKI!

(Mengasosiasikan)

  1. Peserta didik dipersilahkan untuk mengolah dan membuat hubungan antar data-data yang telah dikumpulkan dengan kelompok masing-masing.
  2. Hasil analisa proses mengolah data ditata dalam lembaran kertas bafelo.

(Mengkomunikasikan)

  1. Hasil kerja kelompok dipresentasikan secara bergantian (kecuali tugas point 3 langsung dikumpulkan untuk kegiatan pertemuan minggu keempat), dan pada saat presentasi kelompok, kelompok lainnya mencermati dan memberikan tanggapan.

Penutup

  1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.
  2. Guru menanyakan kepada peserta didik apakah materi pembelajaran sudah dapat dipahami.
  3. Guru meminta peserta didik membaca di rumah (PR) materi dalam Buku Peserta didik halaman 23 s/d 29. (Tugas kepada peserta didik mencari informasi tentang semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara)

15”

95”

10”

Pertemuan 3

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan tentang “Siapa yang mengusulkan Pancasila dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945?”).
  2. Guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan berdasarkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, untuk mendapatkan gambaran kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran.
  3. Guru menginformasikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
  4. Guru mempersilahkan peserta didik membuka Buku Peserta didik halaman 23 s/d 25 untuk menjadi bahan kajian bersama.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

  1. Guru menayangkan gambar (membagi kepada peserta didik gambar) tentang:
    1. Peristiwa insiden bendera tahun 1945 di Surabaya;
    2. Rakyat terlatih yang siap melawan penjajah;
    3. Sidang BPUPKI.
    4. Peserta didik melakukan pengamatan dan mendiskusikannya dengan teman sebangku/terdekat gambar tersebut satu persatu secara seksama.

(Menanya)

  1. Guru meminta peserta didik untuk membuat pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan terhadap penayangan gambar.
  2. Guru berdialog mendalam secara klasikal hal-hal antara lain:
    1. Mengapa peristiwa seperti itu dapat terjadi?
    2. Apa yang dilakukan dalam peristiwa tersebut?
    3. Bagaimanakah gambaran terjadinya peristiwa tersebut?
    4. Peserta didik membuat paparan dan simpulan berdasarkan hasil dialog tersebut.
    5. Guru bersama peserta didik mengklarifikasi hasil presentasi peserta didik untuk penanaman nilai dan sikap positif terhadap semangat dalam sejarah perjuaangan bangsa Indonesia.

(Mengumpulkan informasi)

  1. Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 5/6 peserta didik, kemudian membagikan lembar kerja untuk masing-masing kelompok untuk menggali informasi tentang:
    1. Tahapan kejadian pembentukan BPUPKI.
    2. Masa Sidang BPUPKI.
    3. Kondisi bangsa Indonesia pada jaman penjajahan Jepang.

(Mengasosiasikan)

  1. Peserta didik dipersilahkan untuk mengolah dan membuat hubungan antar data-data yang telah dikumpulkan dengan kelompok masing-masing.
  2. Hasil analisa proses mengolah data ditata dalam lembaran kertas bafelo.

(Mengkomunikasikan)

j.      Hasil diskusi kelompok dipresentasikan secara bergantian, dan pada saat presentasi kelompok, kelompok lainnya mencermati dan memberikan tanggapan.

k.     Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan mengulas kembali materi pelajaran maupun kegiatan individu dan kegiatan kelompok.
  2. Guru menanyakan kepada peserta didik apakah materi pembelajaran sudah dapat dipahami.
  3. Guru memberikan penugasan kepada peserta didik sebagai PR materi dalam Buku Siswa.

15”

90”

5”

Pertemuan 4

NO

JENIS KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

1

2

3

Pendahuluan

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara).
  2. Guru menginformasikan kompetensi dasar yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

(Mengamati)

a.   Guru mempersilahkan peserta didik untuk mengamati gambar tentang suasana sidang BPUPKI.

b.   Berdialog secara mendalam tentang peran para tokoh dalam BPUPKI.

c.    Menganalisa latar belakang para tokoh dengan mencermati nama-nama para tokoh pendiri negara anggota BPUPKI.

(Menanya)

d.   Peserta didik dipersilahkan membuat pertanyaan terkait dengan pengamatan gambar dan nama-nama anggota BPUPKI.

(Mengumpulkan informasi)

e.   Guru membentuk kelompok menjadi 4 kelompok, masing-masing beranggota-kan 5/6 peserta didik untuk mendiskusikan untuk mengumpulkan informasi tentang: suasana sejarah perumuskan Pancasila sebagai dasar negara dan latar belakang para tokoh anggota BPUPKI, serta persidangan pertama BPUPKI.

(Mengasosiasikan)

  1. Hasil pengumpulan informasi diolah oleh kelompok, dan guru mempersilahkan hasil olahan informasi dipadukan dengan tugas pembuatan sekenario simulasi persidangan pertama BPUPKI.

(Mepresentasikan)

  1. Mempresentasikan sosio drama/simulasi suasana sidang pertama BPUPKI dengan kidmat.
  2. Peserta didik yang laindiminta menyimak dan memberikan tanggapan setelah pementasan simulasi selesai
  3. Guru bersama peserta didik menyimpulkan penampilan simulasi dan tanggapan peserta didik.

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan mengulas kembali materi pelajaran maupun kegiatan individu dan kegiatan kelompok.
  2. Post tes.
  3. Guru meminta peserta didik membaca di rumah (PR) materi Bab III dalam Buku Peserta didik.

10”

85”

25”

E.      PENILAIAN

  1. Sikap spiritual
    1. Teknik: Observasi
    2. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
    3. Kisi-kisi:
No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

1 Perilaku beriman 1
2 Perilaku bertakwa 2,  3
3 Menunjukkan rasa syukur 4

Instrumen: lihat Lampiran …

  1. Sikap sosial
    1. Teknik: Penilaian sejawat (antar teman)
    2. Bentuk Instrumen: …
    3. Kisi-kisi:
No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

1 Peduli 1
2 Tanggung jawab 2
3 Kedisiplinan 3

Instrumen: lihat Lampiran …

  1. Pengetahuan
    1.                                 a.          Teknik: Tes tertulis
    2.                                 b.          Bentuk Instrumen: Uraian
    3.                                  c.          Kisi-kisi:

No.

Indikator

Butir Instrumen

1 Memaparkan kronologi terbentuknya BPUPKI. Tulislah dengan runtut kronologi terbentuknya BPUPKI!
2 Menjelaskan isi agenda persidangan BPUPKI antara sidang pertama dan sidang kedua. Jelaskan isi agenda persidangan BPUPKI antara sidang pertama dan sidang kedua!
3 Membandingkan isi tiga usulan dasar negara dari para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI. Bandingkan isi tiga usulan dasar negara dari para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI!
4 Menunjukkan nilai-nilai perjuangan para tokoh pendiri negara dalam perumusan dasar negara yang dapat diteladani. Tunjukkan lima nilai-nilai perjuangan para tokoh pendiri negara dalam perumusan dasar negara yang dapat diteladani!
5 Menunjukkan lima ciri-ciri komitmen pribadi para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. Tunjukkan lima ciri-ciri komitmen pribadi para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara!

Instrumen: lihat Lampiran …

  1. Keterampilan
    1. Teknik: Observasi
    2. Bentuk Instrumen: Check list
    3. Kisi-kisi:
No.

Keterampilan

Butir Instrumen

1 Presentasi 1
2 Display 2
3 Simulasi/Sosiodrama 3

Instrumen: lihat Lampiran …

Mengetahui,                                                                                                  Madiun, …………… 2013

Kepala Sekolah,                                                                                                  Guru mata Pelajaran,

__________________                                                                                     ____________________

NIP.                                                                                                                               NIP.

 

Lampiran Penilaian

  1. 1.         Sikap Spiritual

Pedoman Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah skor pada kolom aspek yang diamati pada sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,

Mata Pelajaran                 : ………………….

Kelas/Semester               : ………………….

Tanggal Pengamatan     : …………………..

Materi Pokok                    : …………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Pengamatan dan Skor

Jumlah Skor

Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saatmempelajari perumusan dasar negara

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Mengucapkan rasa syukur atas  perumusan UUD 1945 sesuai agama masing-masing

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

1

……

2

……

3

……

4

……

)* Pilih dan tulislah skornya (4=selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah).

Petunjuk Penilaian :

Peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                       : apabila memperoleh jumlah skor  13 – 16

Baik                                    : apabila memperoleh jumlah skor 9 – 12

Cukup                               : apabila memperoleh jumlah skor  5 – 8

Kurang                              : apabila memperoleh jumlah skor  1 – 4

  1. 2.         Sikap Sosial

         Pedoman Observasi Sikap Peduli

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh peserta didik.

Mata Pelajaran                        : ………………….

Kelas/Semester                      : ………………….

Tanggal Pengamatan             : …………………..

Materi Pokok                           : …………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Pengamatan dan Skor

Jumlah Skor

Menjaga kebersihan kelas

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Suka menolong teman/orang lain

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Rela berkorban untuk orang lain

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

1

……

2

……

3

……

4

……

)*Pilih dan tulislah skornya (4=selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah).

Petunjuk Penilaian:

Peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                       : apabila memperoleh jumlah skor  13 – 16

Baik                                    : apabila memperoleh jumlah skor  9 – 12

Cukup                               : apabila memperoleh jumlah skor  5 – 8

Kurang                              : apabila memperoleh jumlah skor  1 – 4

         Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah skornya sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik.

Mata Pelajaran                       : ………………….

Kelas                                           : ………………….

Tanggal Pengamatan            : …………………..

Materi Pokok                          : …………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Pengamatan  dan Skor

Jumlah Skor

Melaksanakan tugas individu dengan baik

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Mengembalikan barang yang dipinjam

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

(Memperoleh Skor= 1; 2; 3; 4)*

1 ……….
2 ……….
3 ……….
4 ……….
5 ……….

)*Pilih dan tulislah skornya (4=selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah).

Petunjuk Penilaian :

Peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                       : apabila memperoleh skor  16 – 20

Baik                                    : apabila memperoleh skor  11 – 15

Cukup                               : apabila memperoleh skor  6 – 10

Kurang                              : apabila memperoleh skor  1 – 5

         Pedoman Observasi Sikap Disiplin

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

Ya                  =   apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan

Tidak            =   apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Nama Peserta Didik               : ………………….

Kelas                                            : ………………….

Tanggal Pengamatan             : …………………..

Materi Pokok                           : …………………..

No

Sikap yang diamati

Melakukan

Keterangan

Ya

Tidak

1

Masuk kelas tepat waktu

2

Mengumpulkan tugas tepat waktu

3

Memakai seragam sesuai tata tertib

4

Mengerjakan tugas yang diberikan

5

Tertib dalam mengikuti pembelajaran

6

Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan

7

Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran

8

Membawa buku teks mata pelajaran

Jumlah

Petunjuk Penyekoran peserta didik memperoleh nilai :

Baik Sekali                          : apabila terdapat  7 – 8 jawaban YA

Baik                                       : apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA

Cukup                                  : apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA

Kurang                                 : apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA

Pengetahuan

Teknik Penilaian        :     Tes Tertulis

Bentuk Instrumen    :     Uraian

No

Butir Instrumen

1 Tulislah secara runtut kronologi terbentuknya BPUPKI!
2 Jelaskan isi agenda persidangan BPUPKI antara sidang pertama dan sidang kedua!
3 Bandingkan isi tiga usulan dasar negara dari para tokoh pendiri negara dalam sidang BPUPKI!
4 Tunjukkan lima nilai-nilai perjuangan para tokoh pendiri negara dalam perumusan dasar negara yang dapat diteladani!
5 Tunjukkan lima ciri-ciri komitmen pribadi para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara!

KUNCI JAWABAN :

1.  September 1944, Perdana Menteri Jepang Koiso dalam sidang parlemen mengatakan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Inndonesia, tindak lanjutnya Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 membentuk Dokuritsu Zonbi Chosakai (BPUPKI) yang beranggotakan 62 orang terdiri atas tokoh-tokoh pergerakan bangsa Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang.

2.  a. Sidang pertama BPUPKI berlangsung mulai tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 1945 dengan agenda sidang pembahasan dasar negara

b.  Sidang kedua BPUPKI berlangsung mulai tanggal 10 s.d 17 Juli 1945 dengan agenda sidang membahas bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan UUD, ekonomi, keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaaran.

3.

Mr. Mohammad Yamin

Mr. Soepomo

Ir. Soekarno

  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan Sosial.
  6. Persatuan
  7. Kekeluargaan
  8. Keseimbangan lahir dan batin
  9. Musyawarah
  10. Keadilan Rakyat
    1. Kebangsaan Indonesia
    2. Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan
    3. Mufakat atau Demokrasi
    4. Kesejahteraan Sosial
    5. Ketuhanan yang Berkebudayaan

4.  a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

b. Jiwa dan semangat untuk merdeka;

c. Nasionalisme dan patriotisme;

d. Rasa harga diri sebagai suatu bangsa yang merdeka;

e. Pantang mundur dan tidak kenal menyerah

5.  a. Memiliki semangat persatuan dan nasionalisme;

b. Memiliki terhadap bangsa Indonesia;

c. Selalu bersemangat dalam berjuang;

d. Berupaya secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa;

e. Melakukan pengorbanan pribadi.

Pedoman pensekoran :

No Soal Jawaban  benar skor No Soal Jawaban  benar Skor

1

Salah semua 0

4

Salah semua 0
Benar 1 1 Benar 1 1
Benar 2 2 Benar 2 2
Benar 3 3 Benar 3 3

2

Salah semua 0

5

Salah semua 0
Benar 1 1 Benar 1 1
Benar 2 2 Benar 2 2

3

Salah semua 0 Benar 3 3
Benar 1 1 Benar 4 5
Benar 2 2
Benar 3 3 Jumlah skor maksimal 15

Keterampilan

Teknik Penilaian           :    Observasi

Bentuk Instrumen         :    Pedoman observasi

Instrumen Penilaian     :

Pedoman Observasi Presentasi

Kelompok                    : ………

Kelas                            : ……….

Materi Pokok              : ……….

No

Nama Peserta Didik

Aspek Penilaian

Rata-Rata Skor

Penguasaan Materi

Aktifitas

Kreatifitas

Pedoman Penilaian Display

Kelas                            : ……….

Materi Pokok              : ……….

No

Kelompok

Aspek Penilaian

Rata-Rata Skor

Penguasaan Materi

Kreatifitas

Kerjasama

Pelaksanaan simulasi :

Lembar penilaian simulasi

Peran dan semangat tokoh perumus UUD 1945 (BPUPKI).

No

Nama peserta didik

Kesesuaian dengan tema

Penjiwaan pemeran

Tanggapan kelompok

1  
2 dst  

Keterangan:

Kesesuaian dengan tema        : Nilai maksimal = 40

  • Ø Nilai 40 jika sangat tepat dengan tema
  • Ø Nilai 30 jika tepat dengan tema
  • Ø Nilai 20 jika kurang tepat dengan tema
  • Ø Nilai 10 jika tidak tepat dengan tema

Penjiwaan pemeran                : Nilai maksimal = 30

  • Ø Nilai 30 jika melaksanakan peran dengan penuh tanggung jawab sehingga sangat sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
  • Ø Nilai 20 jika melaksanakan peran dengan kurang tanggung jawab sehingga agak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
  • Ø Nilai 10 jika melaksanakan peran dengan tidak tanggung jawab sehingga tidak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan

Tanggapan kelompok lain      : Nilai maksimal = 30

  • Ø Nilai 30 jika jawabannya sangat tepat
  • Ø Nilai 20 jika jawabannya kurang tepat
  • Ø Nilai 10 jika jawabannya tidak tepat

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s